Senin, 06 Juni 2011

MEMBANGUN ELEARNING DENGAN ATUTOR

PENDAHULUAN

Inovasi dalam teknologi pembelajaran memang tidak pernah berhenti. Setiap saat pendidik yang tergabung di dalamnya berusaha untuk mengembangkan teknologi yang digunakan selama ini dan memperbaiki kelemahan-kelemahannya untuk kualitas pendidikan yang lebih baik.

Elearning atau proses pembelajaran melalui media elektronik, terutama Internet, saat ini dianggap dapat menjadi solusi pendidikan bagi peserta didik yang tidak dapat hadir secara fisik ke setiap perkuliahan, namun mempunyai niat untuk memperoleh pengetahuan ataupun keinginan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi institusi pendidikan, teknologi di dalam eLearning dapat dijadikan media untuk semakin memperbaiki kualitas dalam pembelajaran jarak jauh.

Jika selama ini eLearning terkesan sebagai pembelajaran yang pasif dan hanya satu arah dari instruktur atau staf pengajar semata, setahap demi setahap hal ini mulai dirombak. Adanya fasilitas forum dan chating di dalam eLearning mulai merubah pandangan banyak orang akan pembelajaran melalui website yang aktif.

Kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan di dalam elearning saat ini sudah dapat ditemukan di berbagai perangkat lunak Learning Management System (LMS) seperti ATutor, Moodle, Sakai Project dan LMS lainnya. Sebagian LMS sudah memiliki fasilitas yang lengkap seperti forum, blog, chat, pembelajaran, bank soal, penilaian, wiki, tugas kelompok dan dukungan multimedia serta berbagai dukungan bahasa yang bisa dipilih.

ATutor adalah salah satu aplikasi LMS yang bersifat OpenSource dan bisa di download dengan gratis (free) dari http://www.atutor.ca. Pada awalnya ATutor hanya menyediakan fasilitas untuk penulisan materi, upload materi, penugasan, pembuatan bank soal, pengujian dan penilaian. Namun, seiring dengan perkembangannya ATutor bisa ditambahkan dengan fasilitas-fasilitas yang belum terinstall (modul tambahan) dengan cara men-download di alamat http://www.atutor.ca/modules.


* bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar