Rabu, 11 Desember 2013

Elearning - Memilih LMS yang tepat sebagai Elearning System

Learning Management System atau yang lebih sering disingkat dengan LMS adalah salah satu komponen dari elearning. LMS akan mengotomatisasi dan memvirtualisasi proses belajar mengajar secara elektronik.
LMS secara umum memiliki fitur-fitur standar pembelajaran elektronik, antara lain :
  • Fitur Kelengkapan Belajar Mengajar : Daftar mata kuliah dan kategorinya, silabus mata kuliah, materi kuliah (berbasis teks atau multimedia), daftar referensi atau bahan bacaan.
  • Fitur Diskusi dan Komunikasi : Forum diskusi atau mailing list, instant messenger untuk komunikasi relatime, papan pengumuman, profil dan kontar instruktur/teacher, fila and directory sharing.
  • Fitur Ujian dan Penugasan : Ujian online (exam), mekanisme penugasan (assignment), penilaian dan rapor.
Ketika kita akan memilih LMS, sebenarnya gampang-gampang susah, karena kita perlu memperhatikan beberapa faktor guna menentukan LMS yang tepat untuk kita gunakan.
Pada hakekatnya pemilihan LMS disesuaikan dengan kebutuhan dan business process yang ada di sekolah dan universitas masing-masing. Yang fiturnya terlalu sederhana mungkin kurang pas untuk sekolah dan universitas yang ingin menerapkan elearning secara penuh. Disisi lain, LMS yang kompleks dan fiturnya banyak belum tentu sesuai dengan kebutuhan riil di lapangan. 
Dengan banyaknya daftar aplikasi LMS yang dapat dipilih, biasanya semakin membuat user bingung.

Untuk materi lengkap bisa download di sini

1 komentar: